Selasa, 08 Juli 2014

BAB I PENDAHULUAN


BAB I

PENDAHULUAN



I.1  Latar Belakang

   Hong Kong, resminya Daerah Administratif Khusus Hong Kong, merupakan satu dari dua Daerah Adsministratif khusus yang merupakan bagian dari negara Republik Rakyat Tiongkok, satunya lagi adalah Makau. Pada tanggal 1 Juli 1997, daerah ini secara resmi diserahkan oleh pemerintah Britania Raya kepada Republik Rakyat Tiongkok. Sebelum diserahkan pada tahun 1997, Hong Kong adalah koloni Britania Raya. Di bawah kebijakan satu negara dua sistem ciptaan Deng Xiaoping, Hong Kong menikmati otonomi dari pemerintah RRT seperti pada sistem hukum, mata uang, bea cukai, imigrasi, pertauran jalan yang tetap berjalan di jalur kiri. Urusan yang ditangani oleh Beijing adalah pertahanan nasioal dan hubunga diplomatik. Otonomi ini berlaku di Hong Kong (minimal) untuk 50 tahun dihitung dari tahun 1997.
 Shenzhen adalah kota besar di selatan China, Provinsi Guangdong dan berada di utara Hongkong. Shenzhen menjadi kota pertama yang menyukseskan Special Economic Zones (SEZ) di China. Senzhen juga memegang peran sebagai status sub-provinsial administratif, yang posisinya hanya beda tipis di bawah provinsi. Bentuk dan tata kota modern Shenzhen adalah hasil dari semangat ekonomi hasil dari cepatnya investasi asing sejak lembaga kebijakan “reformasi dan keterbukaan”, pembentukan SEZ pada akhir 1979, yang sebelumnya hanya desa yang kecuk. Antara orang China dan Negara asing memiliki investasi besar pada jumlah uang di Shenzhen SEZ. Lebih dari US$30 bilion dalam investasi asing telah menjadi milik asing dan usaha bersama, pada awalnya hanya di manufacturing tapi akhir-akhir ini juga di industri. Shenzhen sekarang dapat dibilang salah satu kota dengan pertumbuhan pesat di dunia.
 Brunei Darussalam adalah Negara berdaulat di Asia Tenggara yang terletak di pantai utara Pulau Kalimantan. Negara ini memiliki wilayah seluas 5.765 km2 yang menempati Pulau Kalimantan dengan garis pantai seluruhnya menyentuh Laut China Selatan. Wilayahnya dipisahkan ke dalam dua bagian oleh Negara bagian di Malaysia atau Sarawak. Brunei Darussalam merupakan Negara dengan sistem pemerintahan monarki absolut Islam dengan Sultan sebagai kepala negaranya. Bahasa resmi Negara Brunei Darussalam adalah Bahasa Melayu. Brunei Darussalam terkenal dengan kemakmurannya dan ketegasan dalam melaksanakan syariat Islam baik dalam bidang pemerintahan maupun kehidupan masyarakat.
  Hong Kong memiliki tempat pariwisata yang merupakan kawasan jalan tepian laut terbaik di dunia yang biasa dikenal dengan nama “Waterfront and Promenade”, yaitu AVENUE OF STARS. Avenue of Stars, merupakan sebuah kawasan pejalan kaki sepanjang 440 meter berada pada 3 meter di atas permukaan laut. Pola lanskap AOS dirancang berdasarkan respon terhadap bentuk kawasan New World Centre. Pada mulanya, kelompok New World Group membangun tempat pejalan kaki sepanjang tepi laut di area New World Centre pada tahun 1982 yang didesain oleh Dennis Lau & Ng Chun Man Architects & Engineering Hong Kong Limited. Sebelum akhirnya pada tahun 2003, mereka mengumumkan bahwa akan membelanjakan sekitar HK$ 40 juta untuk membangun AVENUE OF STARS, sebuah proyek yang didukung oleh Hong Kong Tourism Board, Tourism Commissions, Leisure and Cultural Services Department dari pemerintahan Hong Kong dan Hong Kong Film Award Association. Pada 28 April 2004 AOS resmi dibuka sebagai lokasi tujuan wisata turis domestik maupun internasional dengan upacara pembukaan yang diadakan sehari sebelumnya. Avenue of Stars mengambil konsep pembangunan “Waterfront and Promenade Development”, yang berarti pengembangan kawasan jalan tepi laut yang memanfaatkan kawasan pelabuhan lama untuk dikembangkan  menjadi kawasan bisnis, hiburan, serta pariwisata.

I.2  Rumusan Masalah

  Dalam penulisan ini penulis mencoba menelusuri tentang penjelasan dasar serta memaparkan hasil pengamatan  tentang Hongkong, Shenzhen, dan Splendid of China, yaitu :
1.    Apa saja yang diamati mengenai Hongkong, Shenzhen, Brunei Darussalam dan Avenue of      Stars secara makro?
2.    Bagaimana sejarah Hongkong, Shenzhen, Brunei Darussalam dan Avenue of Stars?
3.    Apa konsep perancangan yang digunakan pada Avenue of Stars?
4.    Bagaimana akses pencapaian menuju Avenue of Stars?
5.    Bagaimana pola tata ruang luar atau lanskap di Avenue of Stars?
6.    Apa saja elemen-elemen tata ruang luar atau lanskap yang digunakan di Avenue of Stars?
7.    Aktivitas apa saja yang terdapat di Avenue of Stars?

I.3  Batasan dan Ruang Lingkup Pengamatan

   Dalam penulisan ini penulis memfokuskan pada pengamatan Hongkong, Shenzhen, Brunei Darussalam dan Avenue of Stars secara makro; detail dari Avenue of Stars yaitu  sejarah pembangunan; konsep perancangan; akses pencapaian; pola tata ruang luar atau lanskap; elemen-elemen tata ruang luar yang digunakan; dan aktivitas yang terjadi.

I.4  Tujuan Pengamatan

    Tujuan utama dari pengamatan ini sebagai bagian dari rangkaian Kuliah Kerja Arsitektur di mana pengamatan berlokasi di Hongkong, Shenzhen, Brunei Darussalam dan Splendid of China. Tujuan-tujuan khusus dari pengamatan ini di antaranya :
1.    Memahami dan mengetahui Hongkong, Shenzhen, Brunei Darussalam dan Avenue of Stars secara makro
2.    Memahami dan mengetahui sejarah Hongkong, Shenzhen, Brunei Darussalam dan Avenue of Stars
3.    Memahami dan mengetahui konsep perancangan yang digunakan pada Avenue of Stars
4.    Memahami dan mengetahui akses pencapaian menuju Avenue of Stars
5.    Memahami dan mengetahui pola tata ruang luar atau lanskap di Avenue of Stars
6.    Memahami dan mengetahui elemen-elemen tata ruang luar yang digunakan di Avenue of Stars
7.    Memahami dan mengetahui aktivitas yang terdapat di Avenue of Stars

I.5  Manfaat Pengamatan

    Manfaat dari pengamatan ini antara lain :
-  Dapat memahami, mengetahui, serta mempelajari tentang sejarah Hongkong, Shenzhen, Brunei Darussalam dan Avenue of Stars
-     Dapat mempelajari infrastruktur Negara China
-     Dapat memahami, mengetahui, serta mempelajari sejarah Avenue of Stars
-   Dapat memahami, mengetahui, serta mempelajari tata ruang luar dan lanskap Avenue of Stars








Tidak ada komentar:

Posting Komentar