Senin, 26 Maret 2012

Manusia dan Penderitaan

Manusia atau orang dapat diartikan berbeda-beda, namun secara latin manusia diartikan sebagai makhluk hidup yang berorganisasi atau berkelompok.
(Wikipedia BHS. Indonesia)

Penderitaan berasal dari kata derita. Kata derita berasal dari bahasa sansekerta dhra artinya menahan atau menanggung. Derita artinya menanggung atau merasakan sesuatu yang tidak menyenangkan penderitaan dapat berupa penderitaan lahir atu lahir dan bathin.
Penderitaan termasuk realitas manusia dan dunia. Intensitas penderitaan bertingkat-tingkat, ada yang berat, ada yang ringan.

Manusia dan Penderitaan mempunyai suatu hubungan yang tidak bias dipungkiri, dalam hidup seseorang pasti mempunyai penderitaan. Realitas yang ada dalam kehidupan dan intensitas yang mempunyai tingkatan.

Namun  peranan individu juga menentukan berat tidaknya intensitas penderitaan. Suatu peristiwa yang dianggap penderitaan oleh seseorang belum tentu merupakan penderitaan bagi orang lain.

Dapat pula suatu penderitaan merupakan energy untuk bangkit kembali lagi seseorang, atau sebagi langkah awal untuk mencapai kenikmatandan kebahagiaan. Berbagai kasus penderitaan terdapat dalam kehidupan. Banyaknya macam kasus dalam penderitaan sesuai dengan liku-liku.

Kehidupan manusia, penderitaan fisik yang dialami manusia tentulah diatasi dengan cara medis untuk mengurangi atau menyembuhkannya. sedangkan penderitaan psikis, penyembuhannya terletak pada kemamuan si penderita dalam menyelesaikan soal-soal psikis dihadapinya.

Orang-orang yang mengalami penderitaan akan memperoleh pengaruh bermacam-macam dan sikap dalam dirinya. Sikap yang timbul dapat berupa sikpa positif ataupun negative. Sikap negative misalnya penyelesaian karena tidak bahagia, kecewa, putus asa, atau ingin bunuh diri. Kelanjutan dari sikap negative ini dapat timbul sikap anti, misalnya anti kawin atau kawin tidak mau kawin atau tidak mau pacaran, tidak punya gairah hidup, dsb.

Sikap positif yaitu sikap optimis menghadapi penderitaan, bahwa hidup bukan rangkain penderitaan, melainkan perjuangan membesasanku.

Penderitaan adalah hanya bagian dai kehidupan positif biasanya kreatif, tidak mudah menyerah, bahkan mungkin timbul sikap keras atau sikap anti.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar